the importance of wedding ring

20131115-125809 AM.jpg

kalau saya perhatikan, ga semua orang yang sudah menikah pakai cincin. beberapa sepertinya menganggap itu ga penting. beberapa beralasan bukan budayanya. beberapa menganggap laki-laki tidak boleh menggunakan cincin emas.

katanya, tukar cincin saat pernikahan merupakan sudah bergeser jadi budaya kristen. rasulullah tidak melakukan itu dulu.. selain itu, islam juga ga memperbolehkan laki-laki memakai perhiasan emas.

belajar buka pikiran dan menerima perubahan.. bukankah agama itu sebuah proses yang tak pernah selesai dan kehidupan manusia terus bergerak menuju perbaikan dan penyempurnaan?

tukar cincin sudah menjadi sesuatu yg umum di indonesia. kalau di foto pernikahan, pasangan yg menikah ga cuma nunjukin buku nikahnya, tapi juga cincin yg melingkar. lalu apabila tidak berminat pakai cincin emas, masih ada cara lain kok. semisal emasnya diganti dengan unsur lain.

sedangkan buat pasangan yang ga terjebak dalam suatu paradigma tertentu, harusnya malah ga ada alasan untuk ga pakai cincin kan?

20131115-010410 AM.jpg

memakai cincin sebagai penanda status ini pada awalnya ditemukan saat mesir kuno. kala itu, pasangan yg menikah saling menukarkan cincin dari gulungan papirus, jerami, atau alang-alang. lantas kenapa cincin? karena cincin dianggap sebagai sebuah lingkaran kebadian. ini menandakan cinta tiada akhir dari pasangan tersebut.

cincin memang sekadar simbol dan ga menjamin cinta si pemakai lantas bahagia selamanya. charles pierce menyimpulkan, simbol adalah tanda yang hadir karena ada hubungan yang sudah disepakati bersama antara penanda dan petanda. menurut saya kalau si penanda ga menunjukkan simbol itu, bisa aja menyebabkan gagal persepsi pada orang yang harusnya menerima tanda tersebut. pada akhirnya, cincin sebetulnya menjadi simbol penting bahwa orang itu ada dalam status yang mestinya ga dimasuki orang lain.

20131115-125953 AM.jpg

so if someday you’re into someone at the first sight, and saw his/her shiny ring.. you won’t be mistakenly flirting. because you know that person’s no longer available. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s