kakao talk mau nyaingin line? :)

what’s your favorite chat app? whatsapp? line? kakao talk?

beberapa waktu belakangan, gw rasa whatsapp udah mulai tersaingi dengan adanya line yg jauh lebih unyu tampilannya. tapi hati-hati, sekarang ada juga kakao talk yg sepertinya memang sangat sengaja mau nyaingi line..

KakaoTalk-Line

pertama, nama developernya pun mirip. coba kalau kamu cek di app store atau google play.. developer katalk namanya kakao corp. lalu developer line adalah line corporation. seinget gw, dulu nama developer line itu naver.. tapi ga ngerti kenapa ada pergantian nama..

negara pembuat kedua aplikasi ini memang sama, korea selatan. tapi pasar utamanya beda.. line menyasar jepang, kakao tetap korea selatan.

kedua, template aplikasinya pun sama persis. kolom paling kiri, “friends”. kolom kedua, “chat”. kolom ketiga aja nih yang beda. di line, kolom ketiga itu “timeline”. sedangkan di katalk, kolom ketiganya “find”. selanjutnya, kolom terakhir di kedua aplikasi ini juga seragam, yaitu “more” yang mengarah ke setting dan sebagainya.

ketiga, mereka sama-sama bikin boneka buat ngejual brand produknya. karakter bonekanya pun ada beberapa macem dan sama-sama lucu..

keempat, selain aplikasi chatting, developer ini juga buat aplikasi lain yang terkoneksi dgn chatnya. misalnya camera dan games. tapi line masih menang di sini, karena punya sekitar 60 aplikasi lain buatan developernya. sedangkan, aplikasi selain chat yg dibuat developer kakao baru 3 untuk wilayah indonesia. di lokasi lain sih kayaknya lebih..

kakaotalk-line-whatsapp

sekarang gimana caranya katalk untuk nyaingin line? gw lihat, mereka coba masuk dengan bikin hal-hal yang lebih lucu dan meriah. misalnya, kakaotalk ngasih beberapa pilihan message alerts yang lucu.

untuk ini line kalah.. dia cuma punya satu message alert standar yang sama untuk semua orang yg pake aplikasi tersebut. jadi kadang gw suka geer kalau ada notif line bunyi. berasa dari hp gw.. padahal semua orang di dunia sound notif line-nya sama!! hahaha.

kemudian, sticker di line kan statis aja gambarnya. katalk berusaha ngasih lebih dengan sticker yang bisa gerak-gerak..

katalk juga kerja sama dengan banyaakk artis. promosinya super niat, yang digaet big bang! mereka paham betul kalau big bang ini fansnya banyak, baik itu di korea maupun di luar korea. bahkan, demi menarik pengguna pun mereka sampai bikin sticker edisi big bang.

ga cuma big bang. untuk di indonesia mereka sampe bikin sticker sherina, fitrop, benakribo (demi Tuhan gw ga tau ini siapa), dan lain-lain.

kakao talk big bang stickers

kemudian gimana hasilnya? ngeliat di friends katalk gw sendiri aja, pemakainya memang belum sebanyak line. padahal sebenernya katalk ini lahir lebih dulu dibanding line. aplikasinya udah ada sejak maret 2010. cuma dulu bentuknya masih sangat standar dan belum dilakukan promosi segencar ini. sedangkan line yang muncul belakangan, juni 2011, malah sukses lebih dulu.

sejauh ini sih, berdasarkan pengalaman gw aja yaa pakai dua-duanya, gw ngerasa katalk belum sempurna. pengoperasinya lebih lambat dibanding line. kalau si developer sadar itu, harusnya mereka bisa update utk memperbaiki kekurangannya.

coba kita tunggu ke depannya, bisa enggak katalk menyaingi line, seperti line menyaingi whatsapp. 🙂

kakao talk vs line

Advertisements

5 thoughts on “kakao talk mau nyaingin line? :)

  1. Hi there terrific blog! Does running a blog such as this require a massive amount work?
    I have virtually no understanding of coding however I was hoping to start my own blog soon.
    Anyhow, should you have any suggestions or techniques
    for new blog owners please share. I know this is
    off subject nevertheless I simply needed to ask.
    Kudos!

  2. An impressive share! I have just forwarded this onto a colleague who
    was conducting a little research on this. And he in fact bought me
    lunch simply because I found it for him… lol.
    So let me reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanx for spending
    some time to talk about this topic here on
    your web site.

  3. Very rapidly this site will be famous among all blogging and
    site-building users, due to it’s pleasant posts

  4. Nice post. I used to be checking continuously this blog and I am inspired!
    Extremely useful info specially the ultimate section 🙂 I
    care for such information much. I was seeking this particular information for a very lengthy time.
    Thanks and good luck.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s