how to budgeting you salary

entah ini cuma terjadi pada beberapa orang atau memang banyak yg mengalami hal ini. kadang gw nemu orang-orang yang saat baru gajian langsung merasa keuangannya ‘aman’. namun begitu mendekati masa-masa penghabisan akhir bulan, gajinya bukan lagi menipis, tapi ludes sebelum waktunya.

padahal supaya pendapatan enggak cepet datang dan menghilang, pengeluaran harusnya betul-betul direncanakan. atau seburuk-buruknya pengeluaran tidak berjalan sesuai rencana, paling tidak kita masih bisa mengontrolnya supaya enggak berlari terlalu jauh..

salary

gw pernah baca, menurut seorang profesor harvard, elizabeth warren, pengeluaran kita bisa dikelompokkan jadi 50-30-20. maksudnya, 50 % untuk keperluan prioritas, 30 % untuk hiburan, lalu 20 % untuk menabung atau investasi..

penjelasannya gini, 50 % dari pendapatan bisa digunakan untuk uang makan, tagihan listrik, telepon, cicilan rumah/mobil, asuransi, atau apa pun lah yg sifatnya tidak bisa diganggu gugat tiap bulannya..

kemudian, 30 % pendapatan kita bisa untuk untuk hiburan, nonton, belanja, sedekah, dan hal lain yg masih bisa berubah-ubah nominalnya..

terakhir, rencanakanlah 20 % pendapatan untuk tabungan atau investasi.. ini juga harus ya. anggep aja bentuk perencanaan masa depan.

sebenarnya 50-30-20 ini bukan porsi baku.. bisa aja kalau mau nabung lebih banyak, dikurangi porsi hiburannya utk tabungan. atau gimana pun deh porsi terideal utk pengeluaran kamu.. tapi harus ada kesadaran bahwa kita memang mesti punya rencana keuangan. dan yang terpenting dalam membuat budgeting pengeluaran itu adalah disiplin diri. hehe. bisa? 🙂

budgeting

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s