The Raid, action cemerlang dengan cerita buram

THE RAID. film ini disebut-sebut sebagai film action Indonesia terbaik yg pernah ada sampai saat ini. sutradaranya memang sih orang Inggris, Gareth Evans. meskipun dia bule, dia menyebut kalau The Raid ini tetap film Indonesia. seluruh kru dan pemain film ini adalah orang Indonesia, serta seluruh aksi (pencak silat) dan dana yang digunakan, semua berasal dari Indonesia.

kita boleh bangga, film ini jadi Winner best midnight madness film people’s choice award Toronto Film Festival, Official Selection Sundance Film Festival, Official Selection SXSW Film Festival. lalu juga masuk ke dalam Daftar 50 Film Laga Terbaik sepanjang masa versi imdb.com.

The Raid ini sudah dibuat dari tahun 2011, tapi cuma tayang di festival-festival film. sedangkan untuk umum di bioskop-bioskop, film ini baru tayang 23 Maret kemarin serentak di Indonesia, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. katanya nanti juga akan menyusul di Inggris Prancis, Jerman, dan Jepang.

liat trailernya nih:

jadi, film ini menceritakan ttg 20 orang polisi khusus yg ingin menangkap gembong narkoba di suatu apartemen kumuh. sedangkan, apartemen itu berisi pada pecandu dan tukang berantem yg ada di bawah kekuasaan si gembong narkoba itu. dengan alur maju yg berjalan tanpa lompatan waktu, berantemnya full!

leher digorok, telinga tak berbentuk, pipi sobek, kepala bolong, dan banyak kejadian berdarah lain yg enggak mau kita lihat di dunia nyata. brutal? sadis? tentu saja! pas saya nonton ini, banyak mbak-mbak yg teriak-teriak kayak naik roller coaster. berisik! heu.

kalau gw perhatiin film ini 90% action, 10% cerita. actionnya juara dan khas Indonesia karena pencak silatnya! tapi, menurut gw sih struktur ceritanya kurang kuat. lagipula ceritanya sedikiiit sekali. cuma ada si letnan yg ternyata polisi jahat, pemeran utama yg sebelum bertugas pamit ke istrinya yg lagi hamil, lalu ternyata tangan kanan si bos gembong narkoba itu adalah kakak kandung polisi pemeran utama. segitu aja ceritanya! maka gw rasa sih sebagai film, struktur ceritanya kurang kuat. di film ini sebenarnya ada apa? yg nyuruh si letnan utk nyerang gembong narkoba itu siapa? lalu yg ditelpon si gembong narkoba utk “mematikan” letnan itu siapa? buram aja kalo menurut gw..

namun secara action, dan memang yg dijual adalah action, sekali lagi gw bilang ini film keren. dan rencananya, film ini akan dibuat trilogy. di Indonesia, sekuelnya akan dinamakan “Berandal” dan akan tayang Januari 2013. harapan gw sih, sekuel film ini akan punya cerita yg lebih terstruktur dan jelas, dengan action yg lebih seru dan menantang. serta semoga lebih banyak mendulang kesuksesan! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s