cast the raid

udah nonton The Raid? keren ye berantemnya.. selain peran sutradara canggih yg bikin action di film tersebut terlihat super, para pemain di film ini sebagian besar memang jagoan. tepatlah saling menyempurnakan adegan-adegan action di film ini.

ini nih cast utama film The Raid:

  • Iko Uwais (Rama)
Iko Uwais adalah pemeran utama di film ini. polisi baik, punya istri yg sedang hamil 7 bulan, dan kakak kandungnya ternyata tangan kanan dari gembong narkoba yg timnya serang.
Iko ini aslinya memang jagoan pencak silat. dia sudah belajar silat sejak 10 tahun, dan tahun 2005 dia jadi juara nasional pencak silat. ia sudah 2 kali jadi pemeran utama di film karya Gareth Evans. sebelum The Raid, ia main di Merantau yg juga memiliki unsur pencak silat. awalnya, Gareth bertemu Iko saat dia sedang bikin film dokumenter ttg silat pada 2007. saat itu Gareth meminta Iko untuk keluar dari pekerjaannya sebagai supir di perusahaan telekomunikasi, dan memintanya bermain di produksi film Gareth.
  • Donny Alamsyah (Andi)
di The Raid, Donny Alamsyah berperan sebagai kakak kandung Iko Uwais. Namun ia adalah tangan kanan dari gembong narkoba yg mau diserang polisi. di film ini, dia jahat tapi baik. 🙂
Donny sih udah sering kita lihat di film-film seperti Gie, 9 Naga, Merah Putih, Darah Garuda, Merantau, Negeri 5 Menara, dan lain-lain. dia juga beberapa kali jadi cameo di video klip seperti Andra & The Backbone, Ari Lasso, Ungu, dan ST12. Donny sudah memiliki minat besar pada seni beladiri karena sewaktu kecil melihat sang ayah mengajar Silat Cimande (salah satu aliran Pencak Silat). selain mempelajari Pencak Silat, Donny juga pernah belajar karate, muay thai dan boxing.
  • Ray Sahetapy (Tama Riyadi)
di sini, Ray Sahetapy berperan sebagai bos gembong narkoba. sikapnya santai, tapi bengis. membunuh orang tuh seperti udah biasa, gayanya tenang.
mantan suaminya Dewi Yull ini dulunya kuliah film di Institut Kesenian Jakarta tahun 1977, seangkatan sama Deddy Mizwar dan Didi Petet. dia main film sudah dari tahun 1980. saat perfilman Indonesia “pingsan” di tahun 90-an, Ray tidak ikut hilang. dia tetap eksis di dunia seni peran. Ray membangun sebuah sanggar teater di pinggiran kota, dan membentuk komunitas teater di sana. ia baru mulai main film lagi sejak 2006 di film Dunia Mereka. sejak itu, setiap tahun ia minimal main di satu film.
  • Yayan Ruhiyan (Mad Dog)
Yayan Ruhian berperan sebagai Mad Dog, tangan kanan bos gembong narkoba. ini orang jago banget berantemnya di film! ada adegan dimana dia berantem lawan Iko Uwais dan Donny Alamsyah sekaligus, lalu [hampir] menang. hehe.
tampilan Yayan gondrong dan sangar. meski mukanya agak mirip Ki Joko Bodo, tapi dia enggak bergelut di dunia hitam. pria asal Tasikmalaya  ini memang aslinya jago bela diri. Yayan adalah seorang praktisi silat harimau besama dato Edwel Raja Gampo Alam sang guru silat harimau. pada bio twitternya, ia menyebut dirinya “Bela Diri Percaya Diri Tau Diri”. sebelumnya, dia juga main di Merantau.
  • Pierre Gruno (Letnan Wahyu)
Pierre Gruno adalah orang yg jadi awal dari masalah yg ada di film ini. bukan Pierrenya sih, tapi Letnan Wahyu. jadi dia merencanakan serangan sendiri tanpa perintah resmi dari kepolisian. tujuannya adalah take over transaksi narkoba di kota itu. intinya he’s the bad stupid guy di film ini. blame him for the all the blood and troubles! hehe.
aslinya, Pierre adalah seorang model, aktor, dan pemain sinetron. dulu, dia rela meninggalkan SMA-nya untuk fokus sebagai model. dia menekuni dunia modelling sejak 1971. namun, sekarang dia lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pengajar akting, etika berbusana, serta body language di Sekolah Duta Bangsa.
  • Joe Taslim (Sersan Jaka)

Joe Taslim! dia jadi Sersan Jaka yg memimpin penyerangan dan bertanggung jawab atas anak buahnya. padahal, ternyata dia ditipu oleh Letnan Wahyu yg punya maksud terselubung di balik penyerangan tersebut. sayangnya dia mati di film ini..

muka Joe Taslim ini menjual banget ya sebagai aktor. ganteng unyu, tapi tetep cowok banget. dia ini aslinya adalah atlet Judo peraih medali perah di Sea Games 2007. meski begitu, The Raid bukan film pertamanya. sebelumnya, dia pernah main di Karma dan Rasa. lalu akan ada Dead Mine yg akan tayang 2012 ini. mari kita tunggu film berikutnya sekeren apa! 🙂


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s