mana hak pejalan kaki? :(

pernah enggak ngerasa takut menyeberang jalan? gw sering saat mau menyebrang, malah banyak kendaraan yg ngebut. perlu waktu lama utk nunggu mobil atau motor sepi kemudian memberanikan diri nyeberang.

jujur gw kurang paham sama penempatan zebra cross di jalan. kadang gw suka nemuin zebra cross di jalan-jalan yg ga ada lampu merahnya. nah kalau itu, apa dong yg bisa bikin pengendara berhenti utk memberi porsi menyebrang bagi pejalan kaki? :-/

padahal, saat sd kita diajarin untuk selalu menyeberang di zebra cross atau jembatan penyeberangan. tapi kenyataannya, ada zebra cross pun kendaraan tetap melaju cepat di jalanan. jembatan penyeberangan yg ada, kadang jaraknya jauh dari tempat kita ingin menyeberang. sepengamatan gw, selain jembatan transjakarta rasanya orang jarang menyebrang di jembatan.

entah ya kok infrastruktur di Indonesia ini berantakan. padahal katanya jiwa kota sesungguhnya ada pada ruang gerak pejalan kaki yg saling berinteraksi dari seluruh lapisan masyarakat. di kota-kota besar seperti tokyo, singapura, atau kota-kota di negara eropa dan amerika, pejalan kaki sangat dilindungi hak-haknya..

selain zebra cross dan jembatan penyebrangan, trotoar utk pejalan kaki juga tak terperhatikan. beberapa kali saat jalan di trotoar, hak gw diambil orang-orang yg ga semestinya di tempat itu. dan anehnya di Indonesia ini, trotoar itu bukan punya pejalan kaki, melainkan dikuasai pedagang asongan dan pengendara motor! (>.<”)

kadang, pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan. hmm. bukannya salah satu tujuan utama dari manajemen lalu lintas adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor?

dari yg gw baca, idealnya trotoar itu ditempatkan di lokasi-lokasi seperti berikut ini: daerah perkotaan secara umum yg tingkat kepadatan penduduknya tinggi, jalan yg memiliki rute angkutan umum tetap, daerah yg memiliki aktivitas kontinyu tinggi, lokasi yg memiliki kebutuhan/permintaan tinggi dgn periode yg pendek, dan lokasi yg mempunyai permintaan tinggi untuk hari-hari tertentu.

di atas disebut, salah satunya ada lokasi yang memiliki kebutuhan/permintaan tinggi dengan periode yang pendek. padahal, orang kita utk jarak dekat pun jarang mau jalan kaki. trotoarnya enggak layak! padahal kalau trotoarnya bagus, gw yakin orang-orang pun akan menikmati enaknya jalan kaki kok.

sebagai pejalan kaki, gw sih cuma mengharap fasilitas yg layak. struktur jalanan yang rapih, zebra cross yg dihargai keberadaannya, serta trotoar yg lebar dan ga diganggu mereka yg bukan pejalan kaki. gw percaya kalau masyarakat senang berjalan kaki, ini juga bisa sedikit berdampak mengurangi kemacetan kok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s